Prota & Prosem Informatika Kelas 8 Kurikulum Merdeka Tahun 2024/2025
Unduh Program Tahunan (Prota) dan Program Semester Ganjil dan Genap (Promes) Mata Pelajaran Informatika Fase D Kelas 8 Kurikulum Merdeka Terbaru - Dalam Kurikulum Merdeka, Prota (Program Tahunan) dan Prosem (Program Semester) adalah komponen penting dalam perencanaan pembelajaran, termasuk untuk mata pelajaran Informatika.
Pada Fase D peserta didik mengidentifikasi keterkaitan antara pengetahuan- pengetahuan yang baru saja diperoleh serta mencari tahu bagaimana konsep- konsep Informatika berkaitan satu sama lain yang ada di lingkungan sekitar dalam kehidupan sehari-hari.
Penguasaan peserta didik terhadap materi yang sedang dipelajari ditunjukkan dengan menyelesaikan tantangan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Selanjutnya peserta didik mengusulkan ide/ menalar, melakukan investigasi/ penyelidikan/ percobaan, mengomunikasikan, menyimpulkan, merefleksikan, mengaplikasikan dan melakukan tindak lanjut dari proses inkuiri yang sudah dilakukannya.
Prota (Program Tahunan) Informatika Kurikulum Merdeka
Prota (Program Tahunan) adalah rencana yang berisi alokasi waktu selama satu tahun ajaran untuk setiap kompetensi atau materi yang akan diajarkan. Dalam Kurikulum Merdeka, Prota Informatika disusun berdasarkan Capaian Pembelajaran (CP) yang ditentukan oleh kurikulum.
Prota membantu guru untuk mengetahui distribusi materi yang akan diajarkan sepanjang tahun, memastikan semua materi yang perlu dipelajari oleh siswa sudah tercakup dengan baik. Elemen penting dalam Prota antara lain :
- Capaian Pembelajaran (CP) : Ini merujuk pada keterampilan atau pengetahuan yang harus dicapai siswa.
- Alokasi waktu : Prota menentukan berapa lama setiap topik akan diajarkan dalam satu tahun ajaran.
- Pembagian materi per semester : Ini membantu memastikan bahwa guru mengajarkan materi secara sistematis.
Implementasi dalam Mata Pelajaran Informatika
Pada mata pelajaran Informatika dalam Kurikulum Merdeka, guru merencanakan proses pembelajaran yang memfasilitasi siswa untuk lebih aktif berpartisipasi, dengan menggunakan pendekatan yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Materi Informatika biasanya dibagi dalam berbagai materi pokok seperti:
I. BAB 1 Informatika dan Pembelajarannya
A. Informatika dan Profil Pelajar Pancasila
B. Cara Belajar Informatika
1. Materi tentang Konsep Informatika
2. Belajar Lewat Kasus-Kasus Nyata
3. Aktivitas yang Dirancang pada Setiap Bab
4. Pentingnya Refleksi, Memaknai, dan Mengoneksikan Pengalaman
5. Pentingnya Minat dan Motivasi
2. Belajar Lewat Kasus-Kasus Nyata
3. Aktivitas yang Dirancang pada Setiap Bab
4. Pentingnya Refleksi, Memaknai, dan Mengoneksikan Pengalaman
5. Pentingnya Minat dan Motivasi
C. Kilas Balik Mata Pelajaran Informatika Kelas VII
D. Apa yang akan Kalian Pelajari di Kelas VIII?
II. BAB 2 Berpikir Komputasional
A. Fungsi
B. Himpunan dan Sistem Bilangan
1. Himpunan
2. Sistem Bilangan
a. Ilustrasi Sistem Bilangan
- Timbangan Digital
- Tas dan Logam Mulia Batang
- Analisis Soal Tas dan Logam mulia Batang dan Kaitannya dengan Timbangan Digital
b. Konversi Bilangan Desimal menjadi Bilangan Biner dan Oktal
- Konversi ke Bilangan Biner
- Konversi ke Bilangan Oktal
c. Konversi Bilangan Biner dan Oktal menjadi Bilangan Desimal
- Konversi Bilangan Biner Menjadi Bilangan Desimal
- Konversi Bilangan Oktal Menjadi Bilangan Desimal
C. Algoritma
D. Struktur Data
III. BAB 3 Teknologi Informasi dan Komunikasi
A. Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi
1. Objek Aplikasi
2. Fitur Aplikasi
- Antarmuka Aplikasi
- Fitur Cut, Copy, dan Paste
- Screen Shot dan Snipping Tools
3. Studi Kasus: Analisis Objek dan Fitur Aplikasi Pengolah Kata Analisis /Bedah Aplikasi Pengolah Kata
B. Pembuatan Laporan
C. Merangkum Narasi dari Konten Digital
D. Laboratorium Maya Sejarah
- Laboratorium Maya Phet
- NOVA Labs
- The Concord Consortium
IV. BAB 4 Sistem Komputer
A. Komponen Sistem Komputer
1. Perangkat Keras (Hardware)
2. Perangkat Lunak (Software)
- Sistem Operasi
- Perangkat Lunak Aplikasi
- Perangkat Lunak Pemrograman
B. Pengalamatan Memori
1. Sistem Heksadesimal
2. Pengalamatan Memori dengan Heksadesimal
C. Central Processing Unit
V. BAB 5 Jaringan Komputer dan Internet
A. Jaringan Komputer
- Jaringan Lokal
- Jaringan Internet
- Konfigurasi Jaringan Komputer
4. Routing pada Jaringan Komputer
B. Komunikasi Data pada Ponsel
C. Terhubung ke Internet dengan Aman
- Web Phishing
- Setting Keamanan pada Browser
VI. BAB 6 Analisis Data
A. Pencarian Data
- Pencarian Data dengan Fungsi Lookup
- Pencarian Data dengan Fungsi Reference
B. Visualisasi Data
C. Peringkasan Data
- SUMIFS dan COUNTIFS
- Pivot Table Satu Dimensi
- Pivot Table Dua Dimensi
D. Pengelolaan Data
E. Studi Kasus
- Tantangan - Pencarian Data
- Tantangan- Peringkasan dan Visualisasi Data
- Tantangan - Pengelolaan Data
VII. BAB 7 Algoritma Pemrograman
A. Eksplorasi Lanjutan Scratch
- Kode Control, Input, dan Variable
- Kode Custom Block
B. Pengantar Blockly Games dan Eksplorasi Puzzle Maze
C. Eksplorasi Blockly Games Music
D. Eksplorasi Sprites dengan Blockly
E. Pengenalan Pemrograman Prosedural
- Variabel
- Percabangan
- Pengulangan
F. Modul Tambahan - Bermain dengan Robot Ozobot
VIII. BAB 8 Dampak Sosial Informatika
A. Media Sosial
1. Klasifikasi Media Sosial
2. Dampak Media Sosial
B. Mengkaji Kritis Informasi Media Sosial
1. Mengembangkan Pemikiran Kritis
2. Memeriksa Sumber Informasi
3. Melakukan Check and Recheck dari Liputan Lain
4. Cek Validitas Gambar
5. Gunakan Akal Sehat
C. Cyberbullying
1. Perlakuan Cyberbullying
2. Tanya-Jawab Seputar Perundungan Dunia Maya
- Bagaimana menentukan seseorang sedang dirundung atau masih dalam konteks bercanda?
- Dampak apa yang dapat diakibatkan oleh perundungan dunia maya?
- Bagaimana jika kalian dan teman kalian menjadi korban cyberbullying?
- Bagaimana kita menghentikan cyberbullying tanpa menghindari akses ke internet?
- Bagaimana cara mencegah informasi pribadi agar tidak digunakan untuk memanipulasi atau mempermalukan kita di media sosial?
IX. BAB 9 Praktik Lintas Bidang
A. Media Interaktif Lempeng Bumi
1. Media Interaktif Lempeng Bumi
2. Media Interaktif Lempeng Tektonik Indonesia
B. Mesin Hitung Uang Koin
C. Modifikasi Tampilan Mesin Hitung Uang Koin
Unduh Prota dan Promes Informatika Kelas 8 Kurikulum Merdeka
Berikut ini adalah tautan unduh untuk Program Tahunan (Prota) dan Program Semester (Prosem) mata pelajaran Informatika kelas 8 sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Prota dan Prosem merupakan bagian penting dalam perencanaan pembelajaran yang bertujuan untuk memberikan panduan dan alokasi waktu yang tepat dalam penyampaian materi ajar selama satu tahun dan setiap semester.
Program ini disusun berdasarkan capaian pembelajaran (CP) yang telah ditetapkan, sehingga memudahkan guru dalam menyusun strategi pengajaran yang efektif dan sesuai dengan kemampuan serta kebutuhan peserta didik. Dengan Prota dan Prosem, pembelajaran Matematika diharapkan dapat berjalan lebih terstruktur dan mendukung pengembangan kompetensi numerasi, berpikir kritis, serta pemecahan masalah siswa.
Bagi yang memerlukan, silahkan unduh pada tautan berikut :
- Unduh Program Tahunan (Prota) Mapel Informatika Kelas 8 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2024/2025
- Unduh Program Semester (Promes) Ganjil Mapel Informatika Kelas 8 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2024/2025
- Unduh Program Semester (Promes) Genap Mapel Informatika Kelas 8 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2024/2025
Teman-teman bingung cara unduhnya? Silahkan simak Cara Unduh Dokumen di Website. Perangkat Pembelajaran Informatika Fase D Kelas 8 dapat diunduh secara lengkap dengan cara klik tautan pada gambar berikut :
Demikian informasi tentang Prota & Prosem Informatika Kelas 8 Kurikulum Merdeka Tahun 2024/2025 yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.
0 Response to "Prota & Prosem Informatika Kelas 8 Kurikulum Merdeka Tahun 2024/2025"
Post a Comment