Modul Ajar Informatika Kelas 7 Kurikulum Merdeka
Unduh Modul Ajar Informatika Fase D Kelas 7 Semester 1 dan Semester 2 Tahun Pelajaran 2024/2025 Kurikulum Merdeka - Modul Ajar Informatika untuk Fase D dalam Kurikulum Merdeka adalah dokumen pembelajaran yang disusun untuk mendukung implementasi pembelajaran sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka. Kurikulum ini menekankan pada fleksibilitas, keterampilan berpikir kritis, serta pengembangan kompetensi yang berpusat pada siswa.
Modul ajar adalah panduan yang digunakan oleh guru untuk melaksanakan proses pembelajaran. Modul ini mencakup tujuan pembelajaran, materi ajar, langkah-langkah pembelajaran, serta asesmen untuk mengukur capaian pembelajaran. Modul ajar bersifat fleksibel, memungkinkan guru untuk menyesuaikan dengan kebutuhan siswa dan kondisi kelas.
Dalam Kurikulum Merdeka, capaian pembelajaran adalah hasil yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik setelah menyelesaikan fase tertentu. Untuk Informatika Fase D, capaian pembelajaran meliputi penguasaan konsep dan keterampilan matematika yang lebih abstrak dan terstruktur dibandingkan fase sebelumnya. Fokus capaian pembelajaran meliputi:
1. Berpikir Komputasional
- Menjelaskan konsep dalam berpikir komputasional.
- Mengimplementasikan metode dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi, dan algoritme dalam menyelesaikan permasalahan yang diberikan.
- Menggunakan konsep berpikir komputasional untuk menyelesaikan permasalahan dalam berbagai bidang.
2. Teknologi Informasi dan Komunikasi
- Mengetahui antarmuka pengguna.
- Mengelola file dan folder.
- Memanfaatkan aplikasi peramban untuk pencarian informasi di internet.
- Memanfaatkan perkakas Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) perkantoran untuk mendukung pembuatan laporan, presentasi, serta analisis dan interpretasi data.
- Memanfaatkan aplikasi surel untuk berkomunikasi.
3. Sistem Komputer
- Mengenal jenis-jenis komputer.
- Mendeskripsikan fungsi komputer dan manfaatnya dalam kehidupan.
- Mendeskripsikan komponen-komponen penyusun sistem komputer.
- Mendeskripsikan cara kerja komputer.
- Mengenal sistem bilangan biner.
- Melakukan konversi bilangan biner ke bilangan desimal dan sebaliknya.
- Menjelaskan penggunaan kodifikasi untuk penyimpanan data dalam memori.
4. Jaringan Komputer dan Internet
- Menjelaskan kegunaan internet dan perkembangannya.
- Menjelaskan macam-macam jaringan komputer.
- Menghubungkan perangkat seperti ponsel dan/atau komputer ke internet melalui koneksi kabel maupun nirkabel.
- Melakukan praktik enkripsi untuk melindungi data dan informasi.
5. Analisis Data
- Mengenal data.
- Menggunakan aplikasi pengolah data.
- Mengakses, mengelola, mengolah, dan menganalisis data secara efisien, terstruktur, dan sistematis.
- Menginterpretasi dan memprediksi sekumpulan data dari situasi konkret sehari-hari dengan menggunakan perkakas TIK atau manual.
6. Algoritma dan Pemrograman
- Memahami konsep algoritma.
- Mengenali objek-objek dan memahami perintah atau instruksi dalam sebuah lingkungan pemrograman blok/visual untuk mengembangkan program visual sederhana (game, animasi, atau presentasi).
- Mengenal pemrograman tekstual sederhana.
- Mengidentifikasi perbedaan pemrograman visual dan pemrograman tekstual.
7. Dampak Sosial Informatika
- Memahami ketersediaan data dan informasi lewat aplikasi media sosial.
- Memahami keterbukaan informasi.
- Memilih informasi yang bersifat publik dan privat.
- Menjaga keamanan diri dalam masyarakat digital.
- Menerapkan etika dunia maya.
8. Praktik Lintas Bidang (PLB)
- Mengidentifikasi persoalan, merancang, mengimplementasi, menguji, mengembangkan, dan menyempurnakan artefak komputasional sebagai solusi dari persoalan yang dihadapi dalam kehidupan.
- Memanfaatkan content management system untuk mengelola konten digital.
- Mengomunikasikan produk dan proses pengembangannya dalam bentuk karya kreatif yang menyenangkan secara lisan maupun tertulis.
Komponen Modul Ajar Informatika Fase D
Setiap modul ajar terdiri dari beberapa komponen yang saling mendukung dalam pembelajaran. Komponen-komponen ini antara lain:
- Tujuan Pembelajaran: Menjelaskan kompetensi yang ingin dicapai pada akhir sesi pembelajaran.
- Materi Pembelajaran: Berisi topik atau konsep yang akan dipelajari.
- Langkah-langkah Pembelajaran: Rangkaian aktivitas pembelajaran yang diikuti oleh siswa. Biasanya, langkah-langkah ini mencakup aktivitas pembukaan, kegiatan inti, dan penutup.
- Asesmen: Digunakan untuk mengevaluasi pemahaman dan kemampuan siswa terkait materi yang diajarkan. Asesmen dapat berupa penilaian formatif maupun sumatif.
- Alat dan Sumber Belajar: Sumber-sumber pendukung, seperti buku teks, lembar kerja siswa, video, dan alat peraga.
Prinsip Pembelajaran Informatika dalam Kurikulum Merdeka
Kurikulum Merdeka mendorong pembelajaran yang lebih mendalam dan kontekstual, di mana siswa diberikan kesempatan untuk mengeksplorasi dan memahami konsep matematika melalui berbagai pendekatan. Beberapa prinsip yang dipegang dalam pembelajaran Informatika Fase D antara lain:
- Pembelajaran Berpusat pada Siswa: Siswa didorong untuk aktif dalam proses belajar, dengan guru berperan sebagai fasilitator.
- Kontekstual dan Berbasis Masalah: Pembelajaran menggunakan masalah nyata yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa.
- Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis: Mendorong siswa untuk menganalisis, menyelesaikan masalah, dan berpikir secara logis.
- Kolaborasi dan Diskusi: Pembelajaran diupayakan agar siswa dapat berdiskusi dan berkolaborasi dengan teman sekelas untuk memperdalam pemahaman.
Penyusunan Modul Ajar, Evaluasi dan Refleksi
Modul ajar disusun berdasarkan profil pelajar Pancasila dan pendekatan berbasis projek untuk mengembangkan kompetensi. Guru memiliki fleksibilitas dalam menentukan pendekatan, sumber belajar, serta strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Di samping itu, modul ajar juga mencakup strategi pembelajaran berdiferensiasi agar siswa dengan kemampuan berbeda dapat belajar sesuai dengan kebutuhannya.
Modul ajar dalam Kurikulum Merdeka mengutamakan evaluasi formatif melalui refleksi berkala selama proses pembelajaran. Evaluasi ini membantu guru dan siswa memahami sejauh mana kemajuan belajar sudah tercapai, serta mengidentifikasi area yang memerlukan pengembangan lebih lanjut.
Dengan demikian, modul ajar Informatika Fase D kelas 7 dalam Kurikulum Merdeka tidak hanya menekankan pada penguasaan materi secara kognitif, tetapi juga pada pengembangan keterampilan abad ke-21, seperti berpikir kritis, pemecahan masalah, dan kerja sama.
Unduh Modul Ajar Informatika Fase D Terbaru
Berikut ini kami sediakan Modul Ajar Informatika Fase D Kelas 7 untuk Semester Ganjil dan Semester Genap dalam Kurikulum Merdeka. Modul ini dirancang sebagai panduan pembelajaran yang komprehensif, dengan tujuan membantu guru dalam mengimplementasikan pembelajaran yang bermakna, kontekstual, dan berpusat pada siswa.
Materi yang disajikan disusun sesuai dengan capaian pembelajaran untuk fase D. Dengan pendekatan fleksibel dan berfokus pada pengembangan keterampilan berpikir kritis serta pemecahan masalah, modul ini diharapkan dapat mendukung keberhasilan pembelajaran Informatika di kelas 7. Silakan unduh modul ajar sesuai kebutuhan Anda pada link berikut.
- Unduh Modul Ajar Informatika Kelas 7 BAB 1 Kurikulum Merdeka
- Unduh Modul Ajar Informatika Kelas 7 BAB 2 Kurikulum Merdeka
- Unduh Modul Ajar Informatika Kelas 7 BAB 3 Kurikulum Merdeka
- Unduh Modul Ajar Informatika Kelas 7 BAB 4 Kurikulum Merdeka
- Unduh Modul Ajar Informatika Kelas 7 BAB 5 Kurikulum Merdeka
- Unduh Modul Ajar Informatika Kelas 7 BAB 6 Kurikulum Merdeka
- Unduh Modul Ajar Informatika Kelas 7 BAB 7 Kurikulum Merdeka
- Unduh Modul Ajar Informatika Kelas 7 BAB 8 Kurikulum Merdeka
Perangkat Pembelajaran Informatika Fase D Kelas 7 dapat diunduh secara lengkap dengan cara klik tautan pada gambar berikut :
Demikian informasi tentang Modul Ajar Informatika Kelas 7 Kurikulum Merdeka yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.
0 Response to "Modul Ajar Informatika Kelas 7 Kurikulum Merdeka"
Post a Comment