ATP PJOK Kelas 9 Kurikulum Merdeka Tahun 2024/2025

Unduh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) PJOK Fase D Kelas 9 Kurikulum Merdeka - Karakteristik Mata Pelajaran PJOK di SMP Physical Education atau pendidikan jasmani yang kemudian di Indonesia dikenal sebagai Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan merupakan sebuah bidang kajian yang memiliki karakteristik sebagai berikut.
  • Penyelenggaraan pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di SMP/MTs didasari nilai-nilai luhur bangsa untuk membentuk Profil Pelajar Pancasila.
  • Penyelenggaraan pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan membentuk individu-individu yang terliterasi secara jasmani dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari sepanjang hayat.
  • Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan merupakan proses pendidikan tentang dan melalui aktivitas jasmani (permainan, olahraga, uji diri dan aktivitas lain yang relevan) untuk meningkatkan kualitas individu yang holistik dan menunjang pencapaian tujuan pendidikan secara umum.
  • Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di dalam proses pembelajarannya juga mengembangkan nilai-nilai dan kecakapan umum (general capabilities) berupa mandiri, gotong royong, kreativitas, bernalar kritis dan keterampilan berpikir tingkat tinggi, kolaborasi, serta keterampilan berkomunikasi melalui aktivitas jasmani.
  • Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di dalam proses pembelajarannya mempertimbangkan karakteristik peserta didik, tugas gerak (movement task), dan dukungan lingkungan yang berprinsip developmentally appropriate practices (DAP).
  • Elemen-elemen pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan untuk memperoleh capaian pembelajaran sebagaimana dalam tabel berikut.



Elemen Keterampilan Gerak



Capaian Pembelajaran : Pada akhir fase D peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak spesifik berupa permainan dan olahraga, aktivitas senam, aktivitas gerak berirama, dan aktivitas permainan dan olahraga air (kondisional).


Elemen Pengetahuan Gerak



Capaian Pembelajaran : Pada akhir fase D peserta didik dapat menganalisis fakta, konsep, dan prosedur dalam melakukan berbagai keterampilan gerak spesifik berupa permainan dan olahraga, aktivitas senam, aktivitas gerak berirama, dan aktivitas permainan dan olahraga air (kondisional).


Elemen Pemanfaatan Gerak



Capaian Pembelajaran : Pada akhir fase D peserta didik dapat menganalisis fakta, konsep, dan prosedur serta mempraktikkan latihan pengembangan kebugaran jasmani terkait kesehatan (physicsl fittness related health) dan kebugaran jasmani terkait keterampilan (physicsl fittness related skills), berdasarkan prinsip latihan (Frequency, Intensity, Time, Type/FITT) untuk mendapatkan kebugaran dengan status baik. Peserta didik juga dapat menunjukkan kemampuan dalam mengembangkan pola perilaku hidup sehat berupa melakukan pencegahan bahaya pergaulan bebas dan memahami peran aktivitas jasmani terhadap pencegahan penyakit tidak menular disebabkan kurangnya aktivitas jasmani.


Elemen Pengembangan Karakter dan Internalisasi Nilai-nilai Gerak



Capaian Pembelajaran : Pada akhir fase D peserta didik proaktif melakukan dan mengajak untuk memelihara dan memonitor peningkatan derajat kebugaran jasmani dan kemampuan aktivitas jasmani lainnya, serta menunjukkan keterampilan bekerja sama dengan merujuk peraturan dan pedoman untuk menyelesaikan perbedaan dan konflik antar individu. Peserta didik juga dapat mempertahankan adanya interaksi sosial yang baik dalam aktivitas jasmani.


Unduh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) PJOK Kelas 9 Tahun Pelajaran 2024/2025 Kurikulum Merdeka



Berikut adalah tautan unduh untuk Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) PJOK Kelas 9 Kurikulum Merdeka. Dokumen ini memuat panduan lengkap mengenai tujuan pembelajaran yang dirancang untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka di mata pelajaran PJOK.

ATP ini disusun untuk membantu guru dalam merencanakan kegiatan belajar-mengajar yang lebih fleksibel, kontekstual, dan sesuai dengan kebutuhan serta karakteristik peserta didik. Silakan unduh melalui tautan di bawah ini:


Teman-teman bingung cara unduhnya? Silahkan simak Cara Unduh Dokumen di Website. Unduh Juga :


Demikian informasi tentang ATP PJOK Kelas 9 Kurikulum Merdeka Tahun 2024/2025 yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "ATP PJOK Kelas 9 Kurikulum Merdeka Tahun 2024/2025"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel