ATP Informatika Kelas 7 Kurikulum Merdeka Tahun 2024/2025
Unduh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Informatika Fase D Kelas 7 Kurikulum Merdeka - Peserta didik mampu memahami dampak dan menerapkan etika sebagai warga digital, memahami komponen, fungsi, cara kerja, dan kodifikasi data sebuah komputer serta proses kodifikasi dan penyimpanan data dalam sistem komputer, jaringan komputer, dan internet, mengakses, mengolah, dan mengelola data secara efisien, terstruktur, dan sistematis, menganalisis, menginterpretasi, dan melakukan prediksi berdasarkan data dengan menggunakan perkakas atau secara manual, menerapkan berpikir komputasional secara mandiri untuk menyelesaikan persoalan dengan data diskrit bervolume kecil dan mendisposisikan berpikir komputasional dalam bidang lain, mengembangkan atau menyempurnakan program dalam bahasa blok (visual), menggunakan berbagai aplikasi untuk berkomunikasi, mencari, dan mengelola konten informasi, serta bergotong royong untuk menciptakan produk dan menjelaskan karakteristik serta fungsi produk dalam laporan dan presentasi yang menggunakan aplikasi.
Elemen Berpikir Komputasional
Capaian Pembelajaran : Pada akhir fase D, peserta didik mampu menerapkan berpikir komputasional untuk menghasilkan beberapa solusi dalam menyelesaikan persoalan dengan data diskrit bervolume kecil dan mendisposisikan berpikir komputasional dalam bidang lain terutama dalam literasi, numerasi, dan literasi sains (computationally literate).
Lingkup Materi
- Konsep berpikir komputasional
- Teknik-teknik dalam berpikir komputasional
- Menerapkan berpikir komputasional dalam menyelesaikan masalah
- Menerapkan berpikir komputasional dalam bidang literasi
- Menerapkan berpikir komputasional dalam bidang numerasi
- Menerapkan berpikir komputasional dalam bidang literasi sains
Elemen Teknologi Informasi dan Komunikasi
Capaian Pembelajaran : Pada akhir fase D, peserta didik mampu menerapkan praktik baik dalam memanfaatkan aplikasi surel untuk berkomunikasi, aplikasi peramban untuk pencarian informasi di internet, content management system (CMS) untuk pengelolaan konten digital, dan memanfaatkan perkakas TIK untuk mendukung pembuatan laporan, presentasi serta analisis dan interpretasi data.
Lingkup Materi
- Surel
- Akun Gmail
- Mengirim file
- Membalas surel
- Aplikasi peramban
- Mesin pencari
- Mencari informasi
- Antarmuka pengguna
- File
- Folder
- Aplikasi pengolah kata
- Aplikasi pengolah data
- Aplikasi presentasi
Elemen Sistem Komputer
Capaian Pembelajaran : Pada akhir fase D, peserta didik mampu mendeskripsikan komponen, fungsi, dan cara kerja komputer yang membentuk sebuah sistem komputasi, serta menjelaskan proses dan penggunaan kodifikasi untuk penyimpanan data dalam memori komputer.
Lingkup Materi
- Pengertian komputer
- Fungsi komputer
- Manfaat komputer
- Hardware
- Software
- Brainware
- Input
- Output
- Processing
- Storage
- Bilangan biner
- Konversi bilangan biner ke desimal
- Konversi bilangan desimal ke biner
- Penggunaan kodifikasi untuk menyimpan data
Elemen Jaringan Komputer dan Internet
Capaian Pembelajaran : Pada akhir fase D, peserta didik mampu memahami konektivitas jaringan lokal, komunikasi data via ponsel, dan konektivitas internet melalui jaringan kabel dan nirkabel (bluetooth, wifi, dan internet).
Lingkup Materi
- Internet
- Local Area Network (LAN)
- Metropolitan Area Network (MAN)
- Wide Area Network (WAN)
- Interaksi antarperangkat
- Enkripsi data
- Polybius Square Cipher
- Saluran telepon
- Local Area Network (LAN)
- Wi-Fi
- Bluetooth
- Satelit
- Tethering
Elemen Analisis Data
Capaian Pembelajaran : Pada akhir fase D, peserta didik mampu mengakses, mengolah, mengelola, dan menganalisis data secara efisien, terstruktur, dan sistematis untuk menginterpretasi dan memprediksi sekumpulan data dari situasi konkret sehari-hari yang berasal dari suatu sumber data dengan menggunakan perkakas TIK atau manual.
Lingkup Materi
- Pengertian data
- Aplikasi pengolah data
- Menganalisis data
- Menginterpretasi data
- Memprediksi data
Elemen Algoritma dan Pemrograman
Capaian Pembelajaran : Pada akhir fase D, peserta didik mampu memahami objek-objek dan instruksi dalam sebuah lingkungan pemrograman blok (visual) untuk mengembangkan program visual sederhana berdasarkan contoh-contoh yang diberikan, mengembangkan karya digital kreatif (game, animasi, atau presentasi), menerapkan aturan translasi konsep dari satu bahasa visual ke bahasa visual lainnya, dan mengenal pemrograman tekstual sederhana.
Lingkup Materi
- Algoritma
- Flowchart
- Aplikasi Scratch
- Pemrograman visual Scratch
- Membuat program visual menggunakan Scratch
- Membuat program tekstual menggunakan Programiz
- Perbedaan pemrograman visual dan pemrograman tekstual
- Pemrograman tekstual bahasa C
- Intruksi dalam program bahasa C
Dampak Sosial Informatika
Capaian Pembelajaran : Pada akhir fase D, peserta didik mampu memahami ketersediaan data dan informasi lewat aplikasi media sosial, memahami keterbukaan informasi, memilih informasi yang bersifat publik atau privat, menerapkan etika, dan menjaga keamanan dirinya dalam masyarakat digital.
Lingkup Materi
- Media sosial
- Dampak positif dan negatif media sosial
- Data dan informasi di media sosial
- Keterbukaan informasi di media sosial
- Informasi publik
- Informasi privat
- Etika dunia maya
- Cara menjaga keamana diri dalam masyarakat digital
Elemen Praktik Lintas Bidang
Capaian Pembelajaran : Pada akhir fase D, peserta didik mampu bergotong royong untuk mengidentifikasi persoalan, merancang, mengimplementasi, menguji, dan menyempurnakan artefak komputasional sebagai solusi persoalan masyarakat serta mengomunikasikan produk dan proses pengembangannya dalam bentuk karya kreatif yang menyenangkan secara lisan maupun tertulis.
Lingkup Materi
- Mengidentifikasi masalah
- Merancang artefak komputasional
- Mengimplementasikan rancangan artefak komputasional
- Menyempurnakan artefak komputasional
- Tujuan mengomunikasikan artefak komputasional
- Cara mengomunikasikan artefak komputasional
Unduh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Informatika Kelas 7 Tahun Pelajaran 2024/2025 Kurikulum Merdeka
Berikut adalah tautan unduh untuk Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Informatika Kelas 7 Kurikulum Merdeka. Dokumen ini memuat panduan lengkap mengenai tujuan pembelajaran yang dirancang untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka di mata pelajaran Informatika.
ATP ini disusun untuk membantu guru dalam merencanakan kegiatan belajar-mengajar yang lebih fleksibel, kontekstual, dan sesuai dengan kebutuhan serta karakteristik peserta didik. Silakan unduh melalui tautan di bawah ini:
Perangkat Pembelajaran Informatika Fase D Kelas 7 dapat diunduh secara lengkap dengan cara klik tautan pada gambar berikut :
Demikian informasi tentang ATP Informatika Kelas 7 Kurikulum Merdeka Tahun 2024/2025 yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.
0 Response to "ATP Informatika Kelas 7 Kurikulum Merdeka Tahun 2024/2025"
Post a Comment