ATP PPKn Kelas 9 Kurikulum Merdeka Tahun 2024/2025

Unduh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Pendidikan Pancasila Fase D Kelas 9 Kurikulum Merdeka - Pendidikan Pancasila memuat nilai-nilai karakter Pancasila yang ditumbuhkembangkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara untuk menyiapkan warga negara yang cerdas dan baik. Pendidikan Pancasila berisi elemen: Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Mata pelajaran Pendidikan Pancasila mempunyai kedudukan strategis dalam upaya menanamkan dan mewariskan karakter yang sesuai dengan Pancasila kepada setiap warga negara, dengan menjadikan nilai-nilai Pancasila sebagai bintang penuntun untuk mencapai Indonesia emas.




Elemen Pancasila



Capaian Pembelajaran : Memahami sejarah kelahiran Pancasila; memahami kedudukan Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup bangsa, dan ideologi negara; menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari; mengidentifikasi hubungan Pancasila dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Elemen Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945



Menerapkan norma dan aturan; menerapkan hak dan kewajiban sebagai warga negara; memahami sejarah, fungsi, dan kedudukan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai norma dan aturan bernegara; memahami tata urutan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia; mempraktikkan kemerdekaan berpendapat sebagai warga negara dalam era keterbukaan informasi.


Elemen Bhinneka Tinggal Ika



Mengidentifikasi keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika dan menerima keberagaman dan perubahan budaya dalam kehidupan bermasyarakat tingkat lokal, nasional, dan global; memahami pentingnya pelestarian tradisi, kearifan lokal, dan budaya untuk mengembangkan identitas pribadi, sosial, dan bangsa; menumbuhkan sikap tanggung jawab dan berperan aktif menjaga dan melestarikan praktik tradisi, kearifan lokal, dan budaya dalam masyarakat global.


Elemen Negara Kesatuan Republik Indonesia



Mengidentifikasi wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam konteks wawasan nusantara; berpartisipasi aktif untuk menjaga keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Unduh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Pendidikan Pancasila Kelas 9 Tahun Pelajaran 2024/2025 Kurikulum Merdeka



Berikut adalah tautan unduh untuk Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) PPKn Kelas 9 Kurikulum Merdeka. Dokumen ini memuat panduan lengkap mengenai tujuan pembelajaran yang dirancang untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka di mata pelajaran Matematika.

ATP ini disusun untuk membantu guru dalam merencanakan kegiatan belajar-mengajar yang lebih fleksibel, kontekstual, dan sesuai dengan kebutuhan serta karakteristik peserta didik. Silakan unduh melalui tautan di bawah ini:



Demikian informasi tentang ATP PPKn Kelas 9 Kurikulum Merdeka Tahun 2024/2025 yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "ATP PPKn Kelas 9 Kurikulum Merdeka Tahun 2024/2025"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel