Apa Perilaku Spesifik yang Ingin Anda Pelajari dan Tampilkan pada Observasi Praktik Kinerja?

Contoh Isian Dokumen Persiapan Observasi di PMM - Tahap pertama saat Guru akan mengisi Pelaksanaan Observasi di PMM, Guru dapat mengisi Dokumen Periapan Pelaksanan Observasi dengan berdiskusi dengan atasan untuk menyepakati target perilaku, upaya mempelajari dan jadwal observasi.

Adapun Target Perilaku (berdasarkan indikator pilihan Anda) adalah sebagai berikut :
  1. Guru memfasilitasi kegiatan pembelajaran yang memberi peran pada semua peserta didik.
  2. Guru mengajukan pertanyaan yang menstimulis proses diskusi dan berpikir kritis.
  3. Guru memfasilitasi terjadinya diskusi kelompok yang interaktif, kritis dan inklusif.



Apa saja upaya yang akan Anda lakukan untuk mempelajari Target Perilaku?



Untuk mempelajari Target Perilaku Guru dalam Memfasilitasi Kegiatan Pembelajaran yang Memberi Peran pada Semua Peserta Didik, ada beberapa langkah atau upaya yang dapat dilakukan:

1. Mengobservasi Praktik Mengajar Secara Langsung
  • Observasi Kelas: Melakukan observasi langsung di kelas untuk melihat bagaimana guru berinteraksi dengan peserta didik dan bagaimana guru memberi kesempatan pada semua siswa untuk berpartisipasi.
  • Membuat Catatan Kualitatif: Saat melakukan observasi, catat interaksi guru dengan siswa, metode yang digunakan, serta keterlibatan seluruh siswa. Fokus pada cara guru memastikan semua siswa, termasuk yang pasif, ikut terlibat.

2. Studi Literatur dan Best Practices
  • Baca Buku dan Jurnal: Mempelajari teori-teori tentang metode pembelajaran yang inklusif dari buku atau jurnal akademik yang fokus pada pedagogi partisipatif.
  • Pelajari Praktik Pembelajaran Kolaboratif: Memahami strategi pembelajaran seperti cooperative learning, project-based learning, dan differentiated instruction yang sering digunakan untuk memastikan seluruh siswa berperan aktif.

3. Melakukan Wawancara dengan Guru Berpengalaman
  • Wawancara atau Diskusi: Bertanya pada guru yang memiliki pengalaman dalam memfasilitasi kelas yang beragam tentang strategi yang mereka gunakan untuk mendorong partisipasi semua siswa.
  • Refleksi dari Guru: Menggali lebih dalam bagaimana guru merespon siswa dengan latar belakang, minat, dan kebutuhan yang berbeda.

4. Melibatkan Peserta Didik dalam Refleksi dan Umpan Balik
  • Survei atau Angket: Menggunakan survei atau kuesioner kepada siswa untuk mendapatkan perspektif mereka tentang bagaimana mereka merasa terlibat dalam pembelajaran.
  • Diskusi Kelompok Terfokus (Focus Group Discussion): Melakukan FGD dengan peserta didik untuk mengetahui sejauh mana mereka merasa mendapatkan peran dalam proses pembelajaran.

5. Mencari Pelatihan atau Workshop Pengajaran Inklusif
  • Mengikuti Pelatihan Guru: Menghadiri pelatihan yang berfokus pada strategi pengajaran inklusif dan fasilitasi kelas untuk memahami metode praktis bagaimana guru dapat memberikan peran kepada semua siswa.
  • Simulasi Pengajaran: Mengikuti sesi simulasi yang menggambarkan skenario di mana guru dihadapkan pada berbagai tipe peserta didik dan bagaimana cara mereka mengelola kelas secara inklusif.

6. Evaluasi dan Refleksi Diri Guru
  • Jurnal Refleksi Guru: Meminta guru untuk menulis refleksi mengenai keberhasilan mereka dalam melibatkan seluruh siswa selama kegiatan pembelajaran. Ini dapat membantu guru untuk terus berinovasi dan menyesuaikan strategi mereka.
  • Video Pengajaran untuk Review: Guru bisa merekam sesi pengajaran mereka dan meninjaunya kembali, baik secara mandiri maupun dengan bantuan mentor, untuk melihat bagaimana partisipasi siswa berjalan.

7. Analisis Data Pembelajaran
  • Analisis Data Keterlibatan Siswa: Mengevaluasi data seperti nilai tugas kelompok, partisipasi dalam diskusi kelas, dan keterlibatan siswa saat presentasi, untuk melihat apakah semua siswa terlibat secara adil.

Dengan melakukan langkah-langkah ini, kita dapat memahami dan mengembangkan praktik guru yang secara efektif memfasilitasi keterlibatan aktif semua peserta didik dalam proses pembelajaran.


Demikian informasi tentang Apa Perilaku Spesifik yang Ingin Anda Pelajari dan Tampilkan pada Observasi Praktik Kinerja? yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa Perilaku Spesifik yang Ingin Anda Pelajari dan Tampilkan pada Observasi Praktik Kinerja?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel