Panduan Penyusunan Kurikulum Satuan Pendidikan Tahun 2024

Panduan Pengembangan KSP (Kurikulum Satuan Pendidikan) Revisi Tahun 2024 - Pengembangan kurikulum memuat seluruh rencana proses belajar yang diselenggarakan di satuan pendidikan, sebagai pedoman seluruh penyelenggaraan pembelajaran. Untuk menjadikannya bermakna, Kurikulum Satuan Pendidikan dikembangkan sesuai dengan konteks dan kebutuhan peserta didik, serta satuan pendidikan dan daerah.

Dalam penyusunannya, satuan pendidikan memperhatikan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum. Prinsip pengembangan ini bertujuan untuk membantu proses berpikir dalam Menyusun kurikulum satuan pendidikan dan menjadi dasar merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kurikulum. Satuan pendidikan diberikan kebebasan dalam pengembangan dengan menyesuaikan tujuan utama dari Kurikulum Satuan Pendidikan, sejauh komponen dasarnya tercakup di dalamnya.

Khusus untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), kurikulum adalah kurikulum implementatif yang menjabarkan kurikulum inti bidang dan program kompetensi ke dalam bentuk konsentrasi serta potensi internal sekolah dan dunia kerja.

Menyesuaikan dengan regulasi terbaru bahwa penetapan Kurikulum Satuan Pendidikan dilakukan oleh Kepala Satuan Pendidikan, pembaruan detail informasi dan contoh pengembangan kurikulum satuan pendidikan pada setiap jenjang.




Penyusunan Kurikulum Satuan Pendidikan



Kurikulum Satuan Pendidikan disusun berdasarkan:
a. Kerangka dasar dan struktur yang ditetapkan secara nasional; dan
b. Visi, misi, dan karakteristik satuan pendidikan.

Penyusunan dokumen kurikulum satuan pendidikan hendaknya dimulai dengan memahami secara utuh struktur Kurikulum Merdeka. Langkah penyusunan Kurikulum Satuan Pendidikan merupakan sebuah siklus yang berkesinambungan dan berkelanjutan.

Hal Ini berarti proses evaluasi tidak seharusnya menjadi akhir dari proses penyusunan Kurikulum Satuan Pendidikan, melainkan evaluasi dapat menjadi awal siklus yang tidak terpisah sebelum mulai melakukan perencanaan.

Langkah-langkah Penyusunan Kurikulum Satuan Pendidikan (Bagi yang belum pernah menyusun) :
  • Menganalisis konteks Karakteristik Satuan Pendidikan
  • Merumuskan Visi, Misi dan Tujuan
  • Menentukan Pengorganisasian Pembelajaran
  • Menyusun Rencana Pembelajaran
  • Merancang Evaluasi, Pengembangan Profesional, dan Pendampingan

Langkah-langkah Peninjauan dan Revisi Kurikulum Satuan Pendidikan (bagi yang telah memiliki dokumen kurikulum satuan pendidikan)
1. Menganalisis konteks Karakteristik Satuan Pendidikan
2. Meninjau dan/atau merevisi Visi, Misi dan Tujuan
3. Meninjau dan/atau merevisi Pengorganisasian Pembelajaran
4. Menyusun Rencana Pembelajaran
5. Merancang Evaluasi, Pengembangan Profesional, dan Pendampingan




Demikian informasi tentang Panduan Penyusunan Kurikulum Satuan Pendidikan Tahun 2024 yang dapat Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Panduan Penyusunan Kurikulum Satuan Pendidikan Tahun 2024"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel