Materi Modul 2 PembaTIK Level 1 Tahun 2024

Materi PembaTIK 2024 Level 1 Modul 2 Perangkat TIK sebagai Tools Pembelajaran - Pada tahap awal PembaTIK 2024, peserta akan belajar secara mandiri melalui pembelajaran daring yang terbuka untuk umum. Setelah menyelesaikan tahap ini, diharapkan peserta memiliki kemampuan dalam menggunakan TIK dan berbagai platform teknologi untuk mendukung proses pembelajaran, serta mampu memahami Kurikulum Merdeka secara menyeluruh. Dengan demikian, peserta didik mereka dapat menjadi perwujudan Profil Pelajar Pancasila.

Peserta PembaTIK 2024 akan mempelajari 3 modul dalam level 1, yaitu:
A. Ekosistem Digital Merdeka Belajar di PAUD, Pendidikan Dasar dan Menengah
B. Perangkat TIK untuk Pembelajaran
C. Perangkat Pembelajaran Kolaboratif




Kegiatan Belajar 1 Perangkat TIK Sebagai Tools Pembelajaran



Kemajuan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) atau Information and Communication Technology (ICT) sangat membantu para guru/pendidik dalam menyimpan, menghasilkan, mengolah, serta menyebarkan informasi dan pembelajaran. Terdapat 4 jenis perangkat keras sesuai fungsinya yaitu diantaranya perangkat masukan (input), keluaran (output), proses(process) dan penyimpanan (storage).

Diantara contoh perangkat keras yang sering digunakan oleh para guru/pendidik sebagai tools dalam pembelajaran diantaranya Laptop, Chromebook, LCD Proyektor, Smartphone dan headset, speaker, dan juga printer.

Dalam perkembangannya, dunia TIK (ICT) tidak terlepas dari peran internet atau jaringan yang membuat semuanya serba mudah dan informasi dari seluruh dunia dengan mudah diakses dari rumah/tangan anda.

Sejarah panjang internet menurut Drew Heywood (1996), berawal dari proyek pada akhir tahun 60-an ketika Departemen Pertahanan AS (DoD) memerlukan standar baru untuk komunikasi internet yang efektif. Kemudian lahirlah internet pertama yang disebut Advanced Research Project Agency (ARPANet) didirikan pada tahun 1969-1970 dan terus berkembang hingga saat ini. Sehingga kita sekarang dapat menikmati beragam manfaat dari perkembangan internet tersebut.

Penggunaan dan pemanfaatan perangkat keras TIK sebagai media/alat bantu tetap dengan prinsip pembelajaran berpusat pada murid yang diharapkan dalam kurikulum saat ini yaitu kurikulum Merdeka/Nasional. Meski saat ini pembelajaran kembali dimulai tatap muka, pemanfaatan TIK dalam pembelajaran masih terus dilakukan baik untuk dimanfaatkan sebagai tools untuk merancang media pembelajaran, media asesmen ataupun media belajar secara kolaboratif.

Selain itu beberapa manfaat dari penggunaan TIK dalam pembelajaran diantaranya memperluas akses ke sumber belajar bagi para peserta didik, membuat pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan, mengembangkan kemampuan teknologi pendidik dan peserta didik, mengefisiensi penggunaan kertas dan juga mengifisiensi administrasi pembelajaran


Kegiatan Belajar 2 Mengenal Aplikasi Pengembangan Media dan Evaluasi Pembelajaran



Salah satu bentuk media dan evaluasi dengan pemanfaatan TIK adalah dengan aplikasi berbasis web. Beberapa kelebihan aplikasi berbasis web adalah tidak perlu diinstall pada perangkat sehingga tidak memberatkan perangkat dan juga dapat dengan mudah diakses di gawai peserta didik. Selain itu dengan bantuan aplikasi berbasis web, pembelajaran tidak hanya dapat dilaksanakan secara sinkronus tapi juga secara asinkronus.

Salah satu platform pembuatan desain grafis dan konten publikasi yang dapat menjadi alternatif adalah Canva. Canva bersifat gratis dan berbayar berbasis daring yang mudah digunakan dalam pembuatan media pembelajaran. Untuk situs webnya, silakan mengunjungi laman www.canva.com. Platform lain yang menarik untuk berdialog secara kolaboratif adalah Padlet. pengguna dapat membuat dan mengatur "papan" yang berfungsi sebagai ruang kerja virtual di mana mereka dapat menambahkan berbagai jenis konten, seperti teks, gambar, video, tautan, file, dan banyak lagi.

Modul ini mencakup tiga platform penilaian pembelajaran berbasis e-learning: fitur penilaian siswa pada platform Merdeka Mengajar, Quizizz, dan Liveworksheet. Ketiga platform penilaian pembelajaran ini mempunyai kelebihan dan keunggulannya masing-masing sebagai alat bantu guru dalam melaksanakan asesmen pembelajaran di kelas.


Kegiatan Belajar 3 Pemanfaatan Perangkat TIK dan Media Pembelajaran Secara Aman dan Bijak



Seiring berkembang pesatnya pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran, dibutuhkan keamanan perangkat komputer dari virus. Microsoft merilis antivirus pada Windows 10 dan Windows 11 sebagai pertahanan pertama untuk mendeteksi anomali, lapisan perlindungan untuk malware yang tidak sesuai dengan pola yang telah ditentukan sebelumnya. Dalam melaksanakan proses pembelajaran, guru sejatinya bersikap bijak dalam menggunakan media pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan belajar murid sesuai dengan gaya belajarnya.

Pemanfaatan internet telah mengubah pola hidup dan budaya manusia dalam belajar, bekerja, berkomunikasi, berbelanja dan aspek lainnya. Saat ini masyarakat lebih banyak menggunakan internet dalam berkomunikasi seperti surat elektronik (e-mail), serta jejaring sosial (social networking) yang dianggap lebih efektif dan efisien.

Data pribadi merupakan salah satu hal yang sangat penting dan perlu dijaga dengan baik. Terlebih di era disrupsi saat ini, telah banyak kasus mengenai pencurian data pribadi demi keuntungan pihak yang tidak bertanggung jawab. Oleh karenanya, kita sebagai pemilik data harus bisa menjaga data pribadi kita agar terhindar dari pencurian data tersebut.

Era digital ditandai dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat. Internet, media sosial, dan perangkat mobile telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari kita. Namun, dampak dari era digital ini tidak hanya terbatas pada kemudahan akses informasi dan konektivitas global, tetapi juga mempengaruhi keseimbangan hidup kita.




Demikian informasi tentang Materi Modul 2 PembaTIK Level 1 Tahun 2024 yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terim kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Materi Modul 2 PembaTIK Level 1 Tahun 2024"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel