Materi Modul 1 PembaTIK Level 1 Tahun 2024

Materi PembaTIK 2024 Level 1 Modul 1 Ekosistem Digital Merdeka Belajar di PAUD, Pendidikan Dasar dan Menengah - Pada tahap awal PembaTIK 2024, peserta akan belajar secara mandiri melalui pembelajaran daring yang terbuka untuk umum. Setelah menyelesaikan tahap ini, diharapkan peserta memiliki kemampuan dalam menggunakan TIK dan berbagai platform teknologi untuk mendukung proses pembelajaran, serta mampu memahami Kurikulum Merdeka secara menyeluruh. Dengan demikian, peserta didik mereka dapat menjadi perwujudan Profil Pelajar Pancasila.

Peserta PembaTIK 2024 akan mempelajari 3 modul dalam level 1, yaitu:
A. Ekosistem Digital Merdeka Belajar di PAUD, Pendidikan Dasar dan Menengah
B. Perangkat TIK untuk Pembelajaran
C. Perangkat Pembelajaran Kolaboratif




Sumber Belajar Digital (Platform Teknologi Pembelajaran Digital)



Akun belajar.id merupakan akun akses layanan pendidikan. Akun belajar.id terdiri dari nama akun (User ID) yang bertanda belajar.id dan kata sandi (password) yang dapat digunakan untuk mengakses berbagai platform milik Kemendikbudristek. Akun belajar.id bisa mengakses berbagai layanan pendidikan. Mulai dari mengakses platform Kemendikbudristek sampai beragam aplikasi yang akan memudahkan kegiatan belajar mengajar, baik secara tatap muka ataupun jarak jauh.

Aplikasi yang dapat diakses menggunakan Akun belajar.id seperti: panggilan vidio, raport pendidikan, aplikasi platform merdeka mengajar, penyimpanan daring, kelas daring, chrombook, presentasi daring, formulir daring, layanan berbasis situs web gratis, dokumen daring, SIM PKB, pengolah angka, Sumber Daya Sekolah (SDS): Tanya BOS dan BOP, ARKAS, SIPLah dan Canva untuk Pendidikan.

Platform Merdeka Mengajar adalah platform edukasi yang menjadi teman penggerak untuk guru dalam mewujudkan Pelajar Pancasila. Melalui platform ini, para pendidik dapat melakukan tiga hal, yaitu mengajar, belajar, dan berkarya.

Rapor Pendidikan adalah platform yang menyediakan data laporan hasil evaluasi sistem pendidikan sebagai penyempurnaan rapor mutu sebelumnya.


Rumah Belajar merupakan sebuah portal pembelajaran yang merupakan produk dari Pusdatin Kemendikbudristek sebagai inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang bisa dimanfaatkan oleh peserta didik dan tenaga kependidikan.

Daftar konten rumah belajar meliputi: vidio, dokumen, animasi, artikel, audio, game edukasi dan lab maya.

Awan Penggerak yaitu sistem peningkatan kompetensi dan kinerja PTK yang dapat diakses secara luar jaringan (offline) yang bersumber dari Platform Merdeka Mengajar (PMM) dan sumber lain yang dapat dimanfaatkan oleh PTK di daerah khusus dan/atau satuan pendidikan yang mengalami kendala jaringan internet.

IG Live adalah Salah satu fitur yang semakin populer adalah yang memungkinkan pengguna untuk berbagi momen secara real-time dengan audiens melalui komentar dan reaksi. Sedangkan TikTok Live adalah fitur pada platform TikTok yang memungkinkan user untuk menyiarkan video secara real-time kepada followers-nya.


Untuk lebih jelas dan lengkapnya, silahkan Unduh Paparan Materi Modul 1 PembaTIK Level 1 Tahun 2024.


Demikian informasi tentang Materi Modul 1 PembaTIK Level 1 Tahun 2024 yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Materi Modul 1 PembaTIK Level 1 Tahun 2024"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel