Unduh File Aksi Nyata Topik Merdeka Belajar

Unduh Contoh Aksi Nyata Pelatihan Mandiri (PMM) Topik Merdeka Belajar - Bapak / Ibu akan dapat membuat aksi nyata apabila seluruh modul selesai dipelajari, selain itu Bapak / Ibu juga harus menyelesaikan latihan pemahaman, cerita reflektif dan post test.

Topik Merdeka Belajar menyediakan dua pilihan aksi nyata yaitu aksi nyata topik merdeka belajar menyebarkan pemahaman merdeka belajar dan aksi nyata topik merdeka belajar membuat strategi penerapan merdeka belajar. Bapak / Ibu dapat memilih salah satu aksi nyata dari ke dua aksi nyata tersebut. Adapun rincian aksi nyatanya adalah sebagai berikut :




Contoh Aksi Nyata Topik Merdeka Belajar dengan Menyebarkan Pemahaman Merdeka Belajar



Sebelum Bapak / Ibu membuat aksi nyata, pastikan Bapak / Ibu memahami tujuan pembelajaran topik Merdeka Belajar kemudian buatlah strategi penerapan Merdeka Belajar sesuai tema aksi nyata yang Bapak / Ibu pilih.

Setelah Bapak / Ibu selesai membuat aksi nyata, Bapak / Ibu diminta untuk mengunggah aksi nyata tersebut dan mengisi beberapa pertanyaan refleksi sebagai berikut :

1. Judul Aksi Nyata : 
Silahkan Bapak / Ibu isikan judul aksi nyatanya. Contoh "Aksi Nyata Filosofi Pemikiran KHD untuk Kemajuan Pendidikan Indonesia".

2. Deskripsi : Ceritakan bagaimana kegiatan penyebaran pemahaman konsep Merdeka Belajar yang Anda lakukan:
  • Siapa aktor yang terlibat?
  • Alasan melibatkan aktor tersebut?
  • Cara menyebarkan pemahaman?
  • Tanggapan aktor terhadap presentasi Anda?

Jawab : Aktor yang terlibat dalam penyebaran pemahaman merdeka belajar adalah komunitas MGMP internal satuan pendidikan. Hal ini saya lakukan untuk menyamakan persepsi dan sebagai praktik baik pentingnya memfasilitasi murid sesuai kodratnya, tentu sejalan dengan pemikiran KHD. Umpan balik yang positif dan responsif saya dapatkan dari teman MGMP terkait presentasi yang dilakukan.

3. Refleksi
  • Apa yang Anda pelajari dari kegiatan ini?
  • Perasaan saat melakukan aksi nyata?
  • Hal baik apa yang sudah dipelajari?
  • Hal baru yang Anda pelajari saat melakukan aksi nyata?

Jawab : Banyak hal yang saya pelajari yang mempengaruhi pola pikir saya untuk terus berpikir positif bahwa sebagai Guru dan Pembelajar menjadi contoh untuk siswa dan siswi saya. Senang rasanya bisa berbagi dan belajar bersama mereka semua yang membuat saya semakin bersemangat. Banyak hal baik dan baru yang saya pelajari, melalui aksi nyata ini saya menemukan ide-ide pembelajaran yang  menuntun berpusat pada siswa sesuai jamannya dan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan juga pentingnya budi pekerti.


Trik Praktis Lulus Validasi Aksi Nyata Pelatihan Mandiri PMM



Berikut beberapa trik agar lulus validasi Aksi Nyata dalam Pelatihan Mandiri PMM:
1. Aksi Nyata bukan hasil plagiasi (dapat dilakukan secara kolaborasi dengan guru lain agar saling mengoreksi).
2. Pilih aksi nyata yang paling anda kuasai.
3. Baca Panduan/rincian Aksi nyata yang anda pilih dengan teliti.
4. Sinkronkan: Topik Pelatihan Mandiri PMM -> Judul aksi nyata -> Isi Laporan.
5. Isi deskripsi apa yang anda lakukan dan refleksikan dengan kalimat sendiri secara jelas.
6. Unggah dokumentasi atau bukti nyata yang dilakukan sesuai format dokumen yang ditentukan dan upayakan sinyal internet yang kuat. File PDF maks. 10 MB, Video (MP4; MPEG), maks. 50 MB.
7. Lakukan aksi nyata dengan to the point (isi laporan tidak bertele-tele, dan menunjukkan bahwa kita faham tujuan pelatihannya).
8. Aksi nyata yang dibuat memenuhi semua butir yang diminta dari panduan pembuatan aksi nyata, misal: dalam topik Perencanaan pembelajaran, diminta modul, dokumentasi kegiatan, dan umpan balik, maka pastikan ketiga komponen tersebut ada.
9. Isi laporan adalah dokumentasi praktik baik, bukan materi topik pelatihan mandiri yang diuraikan Kembali.
10. Aksi nyata bukanlah membuat rangkuman modul seindah mungkin menggunakan canva, PPT, atau yang lainnya, namun yang terpenting adalah memenuhi setiap butir panduan aksi nyata meskipun sederhana.
11. Cek agenda webinar di pelatihan mandiri untuk dapat belajar secara sinkronus bersama dengan narasumber yang sesuai dengan topiknya.
12. Lampirkan foto kegiatan sesuai dengan topik.
13. Lampirkan foto / screenshoot umpan balik.


Unduh File Aksi Nyata Topik Merdeka Belajar di PMM



Didalam aksi nyata, Bapak / Ibu diminta untuk melampirkan bukti foto kegiatan serta umpan balik dari sasaran, baik itu Kepala Sekolah, Guru atau Rekan Sejawat ataupun Peserta Didik.

Nah, kali ini Sinau-Thewe.com akan membagikan Contoh Aksi Pelatihan Mandiri di PMM, silahkan unduh pada tautan berikut. File ini dikemas dalam bentuk pdf, Bapak / Ibu dapat menggunakan file ini sebagai referensi tambahan untuk menyusun aksi nyata yang Bapak / Ibu lakukan di satuan pendidikan.


Demikian informasi tentang Unduh File Aksi Nyata Topik Merdeka Belajar yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Unduh File Aksi Nyata Topik Merdeka Belajar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel