Materi MPLS PAUD Tahun Pelajaran 2024/2025

Panduan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah di Lingkungan Satuan Pendidikan Jenjang PAUD Tahun Pelajaran 2024/2025 - Dalam waktu dekat, satuan pendidikan akan melaksanakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Ajaran 2024/2025 yang merupakan kegiatan pertama bagi peserta didik baru di sekolah untuk pengenalan program, tata kelola, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur Sekolah.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 16 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Siswa Baru bahwa dalam MPLS perlu dilakukan kegiatan yang bersifat edukatif dan kreatif untuk mewujudkan sekolah sebagai tempat belajar yang aman, ramah anak dan nyaman bagi peserta didik.




Materi MPLS Jenjang PAUD Tahun 2024



Berikut merupakan Linimasa MPLS PAUD Tahun 2024/2025.

Aktivitas

Durasi

 

Mengajak peserta didik untuk melakukan ice  breaking.

10 Menit

 

Mengajak orang tua untuk menciptakan  lingkungan belajar yang inklusif, berkebinekaan, dan aman bagi semua.

25 Menit

 

Mengajak peserta didik untuk menonton bareng film pendek pencegahan kekerasan.

20 Menit

 

Mengajak peserta didik untuk mengenali emosi diri dengan aktivitas Roda dan Perasaan.

15 Menit

 

Melakukan Deklarasi Anti Kekerasan.

20 Menit

 

Aktivitas kreatif ini dapat dilakukan secara

berurutan dalam waktu 90 menit (2 JP)


Catatan :
Setiap aktivitas bisa dilakukan sewaktu-waktu menyesuaikan program MPLS yang sudah disiapkan Satuan Pendidikan. Setiap aktivitas dapat Bapak dan Ibu Guru manfaatkan untuk proses belajar mengajar di kelas.


Memulai Aktivitas Bersama Peserta Didik dengan Ice Breaking



Dalam mengenalkan lingkungan sekolah kepada peserta didik baru, Bapak dan Ibu Guru dapat mengisinya dengan ice breaking saat perkenalan, awal acara, atau di sela-sela acara. Ice breaking akan menciptakan suasana rileks dan ceria sehingga peserta didik lebih bersemangat untuk mengikuti acara.

Berbagai contoh ice breaking dapat Bapak dan Ibu Guru dapatkan melalui Buku Aktivitas Kreatif yang tersedia untuk berbagai jenjang.


Lingkungan Belajar yang Inklusif Berkebinekaan dan Aman bagi Semua



Berdasarkan Permendikbudristek Nomor 46 Tahun 2023 ada 6 bentuk kekerasan yang mungkin terjadi di lingkungan satuan pendidikan.
  1. Kekerasan Fisik,
  2. Kekerasan Psikis,
  3. Perundungan,
  4. Kekerasan Seksual,
  5. Diskriminasi dan Intoleransi,
  6. Kebijakan yang mengandung kekerasan.

Jangan lupa ajak orang tua berdiskusi dan mengajak bergerak bersama untuk mewujudkan lingkungan yang aman dan nyaman baik di sekolah maupun di rumah ya!


Untuk lebih jelas dan lengkapnya, silahkan Unduh Panduan MPLS Tahun Pelajaran 2024/2025 Jenjang PAUD. Bapak/Ibu dapat mengunduh file tersebut dengan menggunakan akun Belajar.id.


Demikian informasi tentang Materi MPLS PAUD Tahun Pelajaran 2024/2025 yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Materi MPLS PAUD Tahun Pelajaran 2024/2025"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel