Materi Informatika Kelas 12 Kurikulum Merdeka

Buku Guru dan Buku Siswa Mata Pelajaran Informatika Kelas XII Kurikulum Merdeka - Saat ini manusia semakin tergantung kepada berbagai alat komunikasi berbasis teknologi dan juga berbagai perangkat TIK untuk berbagai keperluan sehari-hari, yang tentunya hal ini harus ditunjang dengan jangkauan literasi digital masyarakat Indonesia yang jauh lebih luas.

Namun, literasi digital saja tidak cukup, masyarakat Indonesia membutuhkan banyak penciptaan produk-produk digital yang sangat dibutuhkan di masa mendatang. Oleh sebab itu, peserta didik Indonesia melalui pengetahuan dan keterampilan Informatika yang diperolehnya diharapkan dapat turut berkontribusi untuk memenuhinya.




Materi Informatika Kelas XII Kurikulum Merdeka



Mata pelajaran Informatika ini diharapkan menjadi salah satu mata pelajaran yang akan berkontribusi pada terwujudnya Profil Pelajar Pancasila, khususnya dalam hal menubuhkan daya nalar kritis dan kreatif peserta didik, serta bergotong royong dalam kebhinekaan global di dunia nyata maupun dunia maya. Berikut merupakan ringkasan materi Informatika Kelas XII Kurikulum Merdeka.

I. BAB 1 Informatika Sekarang dan Masa Depan
A. Informatika
B. Literasi Digital
C. Informasi Saat Ini
  • Revolusi Industri 4.0
  • Internet of Thigs (IoT)
  • Big Data
  • Artificial Intelligence (AI)
  • Cloud Computing

II. BAB 2 Sistem Komputer
A. Single Board Computer
B. Single Board Controller
  • Pengantar Arduino
  • Instalasi IDE Arduino
  • Komponen Penunjang Single Board Controller
  • Simulator Arduino
  • UnoArduSim

III. BAB 3 Berpikir Komputasional dan Algoritma Pemrograman
A. Berpikir Komputasional
B. Manfaat dan Cara Berpikir Komputasional
  • Berpikir Komputasional untuk Aktivitas Aturan Mencari Kata (Search)
  • Berpikir Komputasional untuk Aktivitas Logika
  • Berpikir Komputasional untuk Aktivitas Analisis

C. Pengenalan Pemrograman Bahasa C Arduino
D. Struktur Dasar Program Arduino
E. Aturan (karakteristik) penulisan kode program Arduino
  • Titik Koma (semicolon)
  • Kurung kurawal (curly braces)
  • #define
  • #indude

F. Variabel pada pemrograman Arduino
G. Operator pada program Arduino.
  • Operator Matematis
  • Operator perbandingan program Arduino
  • Operator boolean program Arduin
  • Operator bitwise program Arduino...

H. Serial pada program Arduino
  • Serial.begin()
  • Serial.print()
  • Serial.printin()

I. Nilai konstan program Arduino
  • TRUE/FALSE
  • HIGH/LOW
  • INPUT/OUTPUT

J. Perintah pin digital I/O pada Arduino
  • pinMode()
  • digitalRead(pin)
  • digitalWrite(pin,value)

K. Perintah pin analog I/O pada Arduino
  • analogRead(pin)
  • analogWritet(pin,value)

L. Percabangan pada program Arduino...
  • if
  • if.. else
M. Perulangan pada program Arduino...
N. Array pada program Arduino
O. Library Arduino

VI. BAB 4 Jaringan Komputer dan Internet.
A. Jaringan Komputer dan Manfaatnya
B. Klasifikasi Jaringan Komputer
C. Topologi Jaringan
D. Aspek Teknis Jaringan Komputer
E. Lapisan Informasi dalam Sistem Jaringan Komputer
  • Model Open System Interconnection (OSI) Layer
  • TCP/IP Layer

F. Komponen Jaringan Komputer
  • Perangkat Keras
  • Perangkat Lunak

G. Mekanisme Pertukaran Data
  • Komunikasi Data
  • Media Transmisi Data

H. Cyber Securities...
  • Manfaat Cyber Security
  • Cara Kerja Cyber Security
  • Jenis-Jenis Ancaman Cyber
  • Metode Ancaman Cyber
  • Pencegahan Cyber Crime

I. Tata Kelola Data
  • Penguatan Database
  • Keamanan Database
  • Keamanan jaringan
  • Tata Kelola Akses

J. Faktor-Faktor dan Konfigurasi Keamanan Jaringan
  • Faktor-Faktor Keamanan Jaringan
  • Konfigurasi Keamanan Jaringan

V. BAB 5 Dampak Sosial Informatika
A. Peran Teknologi Digital dan Informatika pada Media Sosial
  • Jenis Platform Media Sosial
  • Jenis Fitur Media Sosial
  • Manfaat Positif Media Sosial
  • Dampak Negatif Media Sosial
  • Menggunakan Media Sosial secara Bijak
  • Kreatif Menggunakan Media Sosial

B. Peran Informatika pada Bidang Pendidikan
  • Manfaat Positif pada Pendidikan
  • Dampak Negatif pada Pendidikan

C. Peran Informatika pada Bidang Ekonomi
  • Manfaat Positif pada Bidang Ekonomi
  • Dampak Negatif pada Bidang Ekonomi

D. Undang-Undang ITE
  • Pasal 27 (Asusila, Perjudian, Penghinaan, Pemerasan)
  • Pasal 28 (Berita Bohong dan Menyesatkan, Berita Kebencian dan Permusuhan)
  • Pasal 29 (Ancaman Kekerasan dan Menakut-nakuti)

BAB 6 Praktik Lintas Bidang
A. Tema Proyek
B. Sub Tema Proyek
C. Pengarahan Guru
D. Tujuan dan Manfaat
E. Pelaksanaan Proyek
  • Penyusunan Anggota Kelompok
  • Pembagian Peran Kerja
  • Penyusunan Rencana Kerja

F. Peralatan yang Dibutuhkan Proyek
G. Jurnal Kelompok dan Rekaman Aktivitas
H. Pembuatan Laporan
I. Pengayaan
J. Asesmen dan Refleks
  • Asesmen Kelompok
  • Asesmen Pribadi
  • Asesmen Teman Satu Kelompok
  • Refleksi


Download Buku Guru dan Siswa Mapel Informatika Kelas 12 Kurikulum Merdeka



Bagi yang memerlukan Buku Informatika Kurikulum Merdeka Kelas 12, silahkan unduh pada tautan berikut :


Teman-teman bingung cara unduhnya? Silahkan simak Cara Unduh Dokumen di Website. Untuk buku lainnya dapat di unduh dengan cara klik gambar berikut :



Demikian informasi tentang Materi Informatika Kelas 12 Kurikulum Merdeka yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Materi Informatika Kelas 12 Kurikulum Merdeka"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel