Cara Tarik Data Siswa Baru di Dapodik 2025

Cara Input Data Siswa Baru di Aplikasi Dapodik 2025 - Setelah aplikasi Dapodik 2025 dirilis beberapa Waktu lalu, ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan oleh operator sekolah, salah satunya adalah proses input data siswa baru.

Untuk proses input siswa baru untuk jenjang PAUD dilakukan melalui Aplikasi Dapodik langsung, melalui tombol Tambah Peserta Didik Baru pada Aplikasi Dapodik 2025. Untuk proses input siswa baru untuk jenjang SD dapat dilakukan dengan 2 cara, yakni melalui input langsung di Aplikasi Dapodik 2025 atau melalui Tarik data lulusan.

Input data siswa secara langung di Dapodik dapat dilakukan dengan cara klik tombol tambah peserta didik baru, langkah ini dapat dilakukan bagi siswa belum pernah PAUD. Sedangkah Tarik data siswa melalui laman Managemen Dapodik adalah bagi siswa yang sudah pernah PAUD dan tercatat di dapodik.

Begitu juga untuk jenjang SMP, SMA dan SMK Sederajat untuk dapat menambah data siswa baru dapat dilakukan melalui proses Tarik Data lulusan pada jenjang sebelumnya.

Seperti yang kita ketahui, Dapodik adalah sisitem pendataan yang memuat data pokok pendidikan yeng terdiri dari entitas data satuan pendidikan, peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, serta substansi pendidikan, yang bersumber dari satuan pendidikan dan terus menerus diperbaharui secara daring (data dalam jaringan) atau online.

Manajemen Satuan Pendidikan merupakan aplikasi yang dapat diakses secara daring oleh satuan pendidikan menggunakan login petugas pendataan pada laman https://sp.datadik.kemdikbud.go.id. Beberapa fitur utama pada Manajemen Satuan Pendidikan diantaranya tarik data PTK, tambah data peserta didik di luar Dapodik, tarik data peserta didik, dan pengaturan akun PTK.


Langkah-Langkah Input Data Siswa Baru di Dapodik 2025



Berikut ini merupakan langkah-langkah tarik data melalui laman Managemen Dapodik :



  • Silahkan kunjungi laman https://sp.datadik.kemdikbud.go.id
  • Kemudian login menggunakan Akun Operator Dapodik
  • Jika berhasil login, silahkan klik menu Aplikasi dan klik sub menu PD Baru.
  • Selanjutnya terdapat tiga menu pilihan, Dapodik, EMIS dan Non Dapodik / EMIS, klik sub menu Dapodik.
  • Silahkan sortir data siswa yang akan ditambahkan berdasarkan sekolah asal siswa dengan cara klik Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, Nama Sekolah dan Tahun Lulus.
  • Klik tombol Tampilkan.
  • Berikutnya, silahkan berikan tanda centang pada siswa yang akan di input ke Aplikasi Dapodik dan klik tombol Daftarkan.
  • Buka Aplikasi Dapodik dan klik menu Validasi dan klik tab Sekolah, Sarpras, Peserta Didik, GTK, Rombel, Pembelajaran, Nilai dan Referensi.
  • Selanjutnya akan keluar opsi Tarik Data, pilih tombol Ya.
  • Berikutnya, klik tombol Tarik Data dan tunggu hingga proses selesai.


Demikian informasi tentang Cara Tarik Data Siswa Baru di Dapodik 2025 yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Tarik Data Siswa Baru di Dapodik 2025"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel