Soal & Jawaban KSM IPA Terintegrasi Tahun 2024 Jenjang MTs/SMP

Contoh Soal KSM IPA Terpadu dan JawabanKompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan sebuah gelaran nasional yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama sebagai wahana membangun ghirah kompetisi sains kalangan siswa madrasah.




Latihan Soal Kompetisi Sains Madrasah Tahun 2024 Bidang Mata Lomba IPA Terintegrasi



1. Proses pembentukan batu bara melibatkan beberapa tahap yang memakan waktu jutaan tahun. Urutkan tahap-tahap tersebut dari awal hingga akhir.
A. Gambut -> Lignit -> Bituminus -> Antrasit
B. Lignit -> Gambut -> Antrasit -> Bituminus
C. Bituminus -> Gambut -> Lignit -> Antrasit
D. Antrasit -> Bituminus -> Lignit -> Gambut


2. Allah SWT memberikan pembelajaran manusia melalui perumpamaan manfaat binatang pada tumbuhan, seperti dalam Al-Qur’an surat An-Nahl. Manfaat yang diberikan oleh hewan dalam surat tersebut dikenal dengan istilah...
A. Entomogami
B. Kiropterogami
C. Malakogami
D. Anemogami


3. Ketika sebuah benda dipanaskan, benda tersebut memuai. Jelaskan apa yang terjadi pada tingkat molekuler ketika pemuaian terjadi dan berikan contoh penerapan praktis dari konsep ini.
A. Molekul bergerak lebih lambat, dan benda menyusut. Contoh: Jembatan baja yang mengecil di musim panas.
B. Molekul bergerak lebih cepat, dan benda mengembang. Contoh: Jembatan baja yang memuai di musim panas.
C. Molekul bergerak lebih lambat, dan benda mengembang. Contoh: Termometer air raksa pada suhu tinggi.
D. Molekul bergerak lebih cepat, dan benda menyusut. Contoh: Termometer alkohol pada suhu rendah.

4. Allah SWT memberikan pembelajaran manusia melalui perumpamaan manfaat binatang pada tumbuhan, seperti dalam Al-Qur’an surat An-Nahl. Manfaat yang diberikan oleh hewan dalam surat tersebut dikenal dengan istilah....
A. Entomogami
B. Kiropterogami
C. Malakogami
D. Anemogami


5. Reaksi kimia di laboratorium dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Manakah dari berikut ini yang dapat mempercepat laju reaksi?
A. Menurunkan suhu reaksi
B. Mengurangi konsentrasi reaktan
C. Menambah katalis
D. Mengurangi tekanan pada reaksi gas


6. Salah satu penanda perubahan jaman yang disampaikan oleh Rasulullah adalah menghijaunya gurun-gurun di Jazirah Arab. Hal ini dapat terjadi karena aplikasi dari sains dan teknologi. Di antara teknologi di bawah ini, manakah yang kemungkinan besar diaplikasikan dalam merubah gurun pasir di Negara Arab menjadi daerah hijau...
A. Teknologi perbaikan iklim dan cuaca
B. Teknologi perbaikan tanah
C. Teknologi bioremidiasi lahan
D. Teknologi rekayasa genetika tanaman


7. Dalam ekosistem hutan, rantai makanan dimulai dengan produsen yang menyuplai energi untuk semua organisme lain. Jelaskan peran produsen dalam rantai makanan dan berikan dua contoh produsen di hutan.
A. Produsen menghasilkan energi dari bahan organik. Contoh: Serigala dan beruang.
B. Produsen mengkonsumsi energi dari konsumen primer. Contoh: Tikus dan burung.
C. Produsen mengubah energi matahari menjadi energi kimia. Contoh: Pohon dan lumut.
D. Produsen mendekomposisi bahan organik menjadi nutrisi. Contoh: Jamur dan bakteri.


8. Islam mengajarkan tentang pentingnya melakukan ikhtiar untuk mempertahankan kehidupan, walaupun kematian telah ditentukan. Vaksinasi merupakan pendekatan ilmu kesehatan sebagai salah satu ikhtiar untuk melawan penyakit. Vaksin yang diberikan kepada seseorang saat kanak- kanak berfungsi untuk melindungi dari penyakit berat, bahkan mematikan. Pernyataan yang benar tentang prinsip dasar dari vaksinasi adalah ....
A. Vaksin merusak patogen pada tubuh sehingga tidak bisa berkembangbiak
B. Vaksin akan merangsang antibodi untuk mengenali patogen yang telah dilemahkan
C. Vaksin membunuh patogen pada tubuh sehingga tidak akan terinfeksi
D. Vaksin akan merangsang antibodi dan membunuh patogen


9. Energi listrik dapat dihasilkan melalui berbagai cara. Manakah dari berikut ini yang merupakan cara untuk menghasilkan energi listrik dengan memanfaatkan energi kinetik?
A. Panel surya
B. Turbin angin
C. Sel bahan bakar hidrogen
D. Baterai litium


10. Tidak ada satu hal pun yang luput dari kuasa Allah SWT. Pun demikian dengan sehelai daun yang gugur. Pengguguran daun disebabkan peran serta hormon pertumbuhan. Yang paling beraktivitas adalah.
A. Benzyl Amino Purin
B. Abscicic Acid
C. Indole Acetic Acid
D. Giberelin Acid / GA3


11. Pada tubuh manusia, sistem peredaran darah bertanggung jawab untuk mengangkut oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Sebutkan komponen utama sistem peredaran darah dan jelaskan fungsinya masing-masing.
A. Jantung, paru-paru, dan otak - Bertanggung jawab untuk pemompaan darah, pertukaran gas, dan koordinasi fungsi tubuh.
B. Jantung, arteri, vena, dan kapiler - Bertanggung jawab untuk memompa darah, mengangkut darah dari jantung, mengembalikan darah ke jantung, dan pertukaran nutrisi dan gas.
C. Jantung, lambung, dan ginjal - Bertanggung jawab untuk pemompaan darah, pencernaan makanan, dan penyaringan darah.
D. Jantung, hati, dan pankreas - Bertanggung jawab untuk memompa darah, metabolisme, dan regulasi gula darah.


12. Segala yang diciptakan oleh Allah SWT adalah bentuk yang paling sempurna (As Sajdah: 7). Jaring laba-laba yang strukturnya lebih kuat dari baja. Hiu yang diadaptasi menjadi suatu teknologi bernama pesawat terbang. Teknologi lain yang mengadaptasi makhluk hidup antara lain bentuk streamline kapal selam, peluru, torpedo. Cabang ilmu yang mempelajari tentang hal ini adalah...
A. Biometrik
B. Biomimetik
C. Bioarkeologi
D. Biospeleologi


13. Fotosintesis adalah proses penting yang terjadi pada tumbuhan hijau. Jelaskan reaksi kimia yang terjadi selama fotosintesis dan sebutkan produk akhirnya.
A. Karbon dioksida dan air bereaksi menghasilkan glukosa dan oksigen dengan bantuan sinar matahari.
B. Oksigen dan air bereaksi menghasilkan karbon dioksida dan glukosa dengan bantuan sinar matahari.
C. Glukosa dan oksigen bereaksi menghasilkan karbon dioksida dan air dengan bantuan sinar matahari.
D. Karbon dioksida dan oksigen bereaksi menghasilkan glukosa dan air dengan bantuan sinar matahari.


14. Manakah dari berikut ini yang merupakan komponen utama dalam pembentukan protein?
A. Asam lemak
B. Asam amino
C. Nukleotida
D. Monosakarida


15. Fenomena siklus air sangat penting bagi kehidupan di bumi. Jelaskan proses-proses yang terlibat dalam siklus air dan bagaimana mereka saling berhubungan.
A. Evaporasi, kondensasi, presipitasi, dan infiltrasi - Air menguap, membentuk awan, jatuh sebagai hujan, dan meresap ke dalam tanah.
B. Transpirasi, sublimasi, deposisi, dan infiltrasi - Air dari tanaman, es yang berubah menjadi gas, gas yang menjadi es, dan air yang meresap ke dalam tanah.
C. Evaporasi, respirasi, fotosintesis, dan presipitasi - Air menguap, dihasilkan dari respirasi, digunakan dalam fotosintesis, dan jatuh sebagai hujan.
D. Evaporasi, kondensasi, respirasi, dan presipitasi - Air menguap, membentuk awan, dihasilkan dari respirasi, dan jatuh sebagai hujan.


16. Ayam mempertahankan hidupnya dengan memakan tumbuhan sepert biji-bijian. Namun ayam juga bisa makan hewan lainnya seperti rayap dan belalang. Dilihat dari jenis makanannya ayam tergolong..
A. Omnivora
B. Karnivora
C. Pengurai
D. Herbivora


17. Rekayasa genetika memungkinkan ilmuwan untuk mengubah DNA organisme. Sebutkan dua aplikasi utama dari rekayasa genetika dalam bidang pertanian dan kesehatan.
A. Peningkatan produksi hasil tani dan pembuatan antibiotik.
B. Peningkatan ketahanan terhadap hama pada tanaman dan produksi hormon insulin.
C. Produksi bahan bakar hayati dan pembuatan vaksin.
D. Pengendalian populasi serangga dan pengobatan kanker.


18. Cara yang tepat untuk mengurangi sampah plastik di lingkungan sekolah adalah..
A. Memberi sanksi kepada setiap pedagang yang membuang sampah plastik sembarangan
B. Memakai alat makan minum yang dapat dicuci dan dipakai lagi di kantin sekolah
C. Mengumpulkan botol dan gelas minuman dari plastik tersebut sebelum dibuang
D. Setiap kantong plastik sebaiknya ditimbun dalam tanah.


19. Radiasi elektromagnetik mencakup berbagai jenis gelombang dengan panjang gelombang dan frekuensi yang berbeda. Jelaskan spektrum elektromagnetik dan sebutkan dua aplikasi untuk sinar-X dan gelombang mikro.
A. Spektrum elektromagnetik adalah rentang semua jenis radiasi elektromagnetik. Sinar-X digunakan untuk komunikasi nirkabel dan memasak, sementara gelombang mikro digunakan untuk pencitraan medis dan keamanan bandara.
B. Spektrum elektromagnetik adalah rentang semua jenis radiasi elektromagnetik. Sinar-X digunakan untuk pencitraan medis dan keamanan bandara, sementara gelombang mikro digunakan untuk komunikasi nirkabel dan memasak.
C. Spektrum elektromagnetik adalah rentang semua jenis radiasi elektromagnetik. Sinar-X digunakan untuk komunikasi satelit dan pengobatan kanker, sementara gelombang mikro digunakan untuk pencitraan medis dan memasak.
D. Spektrum elektromagnetik adalah rentang semua jenis radiasi elektromagnetik. Sinar-X digunakan untuk pengobatan kanker dan komunikasi nirkabel, sementara gelombang mikro digunakan untuk keamanan bandara dan komunikasi satelit.


20. Kota-kota besar di Indonesia menghadapi masalah yang sama, khususnya volume kendaraan yang mengakibatkan kualitas udara menurun. Hal yang tidak disadari oleh manusia adalah, Allah sebenarnya telah memberikan solusi terkait hal tersebut dan yang perlu dilakukan adalah bersyukur terhadap hal tersebut. Salah satu bentuk syukur manusia terhadap karunia Allah yang dapat membantu meningkatkan kualitas udara di perkotaan adalah ...
A. Gerakan penghijauan dan taman kota
B. Uji emisi kendaraan yang layak pakai
C. Menggalakkan reboisasi
D. Pembatasan penggunaan kendaraan dengan ganjil genap


Demikian informasi tentang Soal & Jawaban KSM IPA Terintegrasi Tahun 2024 Jenjang MTs/SMP yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat di dalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Soal & Jawaban KSM IPA Terintegrasi Tahun 2024 Jenjang MTs/SMP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel